you Ask for it!

beberapa waktu lalu, aku sempat mendapat masukan dari seorang teman, untuk memberikan sentuhan lain pada blogku, dalam diskusi kami ini dia menyarankan agar blog yang aku buat sedikit diberikan perubahan, mengingat kualitas yang monoton dan content tulisan yang mulai membosankannya. sejenak aku dibuat terkesima oleh masukannya, dan sempat terjadi perdebatan antara aku dengan temanku ini. Menurutnya akhir-akhir ini aku seperti seolah menulis diary saja, isi tulisan hanya seputar kegiatan hari-hari saja. sedangkan hal itu diluar ekspektasinya, dia menginginkan lebih. Seperti halnya tulisan-tulisan lainnya selain menceritakan moment yang aku lalui.

Jika dari sudut pandangku aku juga berusaha menuliskan pandangan-pandanganku, dan jenis tulisan lainnya yang mungkin bisa dinikmati oleh orang umum (orang lain yang tidak mengenalku tapi tanpa sengaja mampir ke blogku), hal tersebut dengan tujuan agar mereka yang tidak mengenalku seolah dapat mengenalku secara dekat, dari kehidupanku sehari-hari ke lingkup pergaulanku hingga tulisan-tulisanku lainnya yang masuk kategori cerita fiktif.namun apabila yang aku tampilkan di blogku hanya sekitar tulisan fiktif atau sebaliknya hanya seputar kehidupanku sehari-hari, pastinya akan sangat membosankan dan jadi terkesan monoton, jadi aku berusaha mengkombinasikan keduanya, untuk meminimalisir kebosanan baik dari sisi yang baca tulisanku ataupun dari sisiku sebagai sipenulis blog. Hingga akhirnya aku coba berkompromi dengan keadaan yang terjadi. dan menerima segala inputan yang ditujukan kepadaku, terima kasih banyak untuk masukan ini.

Akhirnya aku memutuskan untuk menilik ulang dan kubaca satu persatu dari awal semua tulisanku, hingga aku mendapatkan banyak pertanyaan, pada diriku sendiri dan aku juga akan sedikit meluruskan kepada teman-teman atas pertanyaan-pertanyaan yang juga mungkin ada dibenak teman-teman, sama halnya seperti pertanyaan yang kutujukan untuk diriku sendiri.

Pandangan yang tersirat dari hal yang tersurat :
aku seperti halnya orang yang melankolis yang selalu menulis masalah hati. dan yang diceritakan selalu berujung kesedihan, seolah aku seperti seorang yang selalu gagal dalam membina hubungan asmara.

Fakta :
Jujur saja aku memang cukup sensitif dan memiliki rasa empati yang besar. tulisan yang tertulis di blogku lebih kepada cerita dari teman-teman dekatku yang mau berbagi cerita kepadaku, dan rela ceritanya di share melalui blogku tapi dengan syarat pengunaan tokoh harus orang pertama yaitu "Aku", bagiku itu bukan masalah besar. penggunaan kata aku semata untuk membuat cerita jadi tidak rancu dan berbelit. fakta lainnya aku memang sempat gagal membina hubungan asmara, yang menjadikan tulisanku bisa saja terkombinasi dari pengalaman teman dan diriku sendiri. selama menghasilkan tulisan yang indah kenapa tidak?

Pandangan yang tersirat dari hal yang tersurat :
Tulisan Selalu menggunakan lagu, gak keberatan tuh?

Fakta :
yup, awalnya setiap tulisan aku sisipkan sebuah lagu yang dapat mendukung cerita ditulisanku, alasannya agar cerita yang dibaca dapat lebih hidup dan mudah sampai ke hati. Namun sedikit kesulitan pada akhirnya blogku jadi sulit dibuka, dan terkadang mengganggu, ketika lagi baca tulisan yang seru, tapi lagu yang terputar malah lagu melow, moodpun menjadi hilang. akhirnya kuputuskan untuk tidak menggunakan lagu di tiap tulisanku. namun aku akan tetap menaruh lagu, lagu sentral untuk blogku, dimana pemilihan lagu yang akan bertengger juga masuk dalam penilaian. lagu itu harus representatif dengan tulisan-tulisan yang ada dan harus easy listening. dan untuk sekedar informasi, aku mengikuti selera anda semua, tidak semua lagu favouritku dapat bertengger di chart lagu pilihan, jadi stop berfikiran lagu-lagu yang bertengger itu adalah selalu lagu favouritku.

Pandangan yang tersirat dari hal yang tersurat :
Foto-foto yang terlalu banyak dan menjadi terkesan RIYA dengan cerita-cerita yang ada.

Fakta :
Hmmm...kamu bisa berfikiran apa saja, bebaskan semuanya, seperti aku membebaskan fikiranku untuk menulis apa saja yang aku mau. Aku menerima segala kritik yang ada, namun sekali lagi kuluruskan masalah gambar tersebut yang notabene adalah untuk pertegas cerita, agar dapat tervisual dengan mudah di benak teman-teman, dan hal tersebut sebenarnya akan lebih mudah kan?


Pandangan yang tersirat dari hal yang tersurat :
Ceritanya itu-itu aja...

Fakta :
yah aku belajar dari masukan teman-teman semua. thanks untuk segala masukannya ya.

nah bagaimana teman-teman yang lain? terhadap beberapa input yang masuk kepadaku? dapatkah kalian ikut bersuara juga? untuk membuat otakyangterotak jadi semakin asik dibaca? kutunggu....

16 komentar:

Unknown mengatakan...

kayanya nyindir nih. haha.. adit yang seru (kayanya ya...) gak semuanya melow ko'. jujur gw menikmati cerita-cerita loe, tapi coba deh kualitasnya sedikit dinaikan lagi. sayang banget bakat yg ada kalo gak dikembangin lagi, tul gak bro... ya pokoknya gw sll nunggu janji loe, bikin tulisan yg asik. tuh gak bosen kan gw ngasih masukan... cahyooooo!

dian mengatakan...

Well, menurut gw sih asik2 aja. blog khan ada buat menumpahkan segala rasa yang ada, segala sesatu yang ada dipikiran dan berbagi akan hal2 yang kita alami, jadi sah-sah aja sama yg selama ini lo post diblog ini...

Mungkin itu opini yg bisa gw kasih, krn blog gw juga isinya ya itu2 aja, hee...

mengenai bakat yg ada, moga bisa berjalan n berkembang terus seiring dg berjalannya waktu, gak hrs dipush kok :)

Well, that's my opnion after all, some may be agree the others don't. I just tell my mind ^^

Keep writing and writing :)

- dian -
http://dianoktaviani.co.cc

peddi mengatakan...

kl menurut ik yah bo...ye kurang mengangkat cerita yg ada d sekitar ye.kl kt d kasi makan ayam tiap hari kan bosen...explor lg tuk d jdkan topik supaya g ocen...ok bo!gw yakin lw bisa..

Unknown mengatakan...

Hmmmm....sebenernya gw pengen kasih masukan banyak banget dan salah satunya sudah diutarakan oleh temen terdekat dalam diskusi intern adit seperti apa yg adit ceritakan di blog tsbt. ada benarnya juga masukan dari tmn lo dit tp tidak semuanya benar karena tulisan yg bagus itu berawal dari tulisan yang biasa2 saja. mana ada org lgs sukses smuanya "butuh proses" proses untuk lbh baik, menurut pendapat gw jika seseorang membuka kritik untuk dirinya sndiri berarti org tsbt menuju sukses, tinggal rajin2 aj membaca dan menulis. jangan pernah takut salah karena keberhasilan berawal dr kesalahan.kl gw melihat overall blog adit smua nya rata2 mengkisahkan dirinya dan tmn2 terdekat dan itu "wajar" karena smua bermula dari diri sndiri dan dengan berjalan nya waktu dan potensi yg ada InsyaAllah blognya berisi tulisan2 mengenai kehidupan masyarakat yg jauh berada dr lingkuangan adit ya heheee(harapan gw c gitu). oia, rata2 cerita adit jalan2 mulu (kayak wista kuliner hehe)fine2 aj tp ada baiknya dlm wisata kuliner itu ada cerita yg manfaat(mengenai kehidupan masyarakat sekitar mungkin)jd ga happy nya aj hehee. jd kl menurut gw c ceritanya dikembangkan lg aj ok ok. maaf ya dit kl kata2 gw aga pedas hehe (SEMANGAT!!!)

Unknown mengatakan...

Ketinggalang satu lg pesan gw u/para penulis komentar gw harap c isi koment nya membangun bukan menjatuhkan sang penulis dan kash masukan tulisan yg bagus tuh yg kyk gmn,ksh contoh ké jd bukan sekedar ksh comment aj ok. Kl perlu belajar aj dit dr para pemberi comment di blog lo kan tmn2 ybs lbh mahir menulis bukan

Unknown mengatakan...

Hi adit, sukses ya dalam menulis blog. Kalau pendapat gw pribadi isi dari blog saat ini sudah bagus,.. karya tulis terutama Bl og sangat tergantung dengan tujuan kita sendiri dalam menulis Blog, apakah, kita menulis itu untuk menceritakan kehidupan kita sehari-hari sebagaimana layaknya diary, memberikan informasi, maupun mengungkapkan pandangan-pandangan kita terhadap issue yang sedang berkembang saat ini. agar Blog tidak monoton usahakan sisipkan tulisan yang memberikan suatu informasi dan ungkapan pemikiran2 atau ide2 lo terhadap sesuatu hal misalnya current issue sekarang yaitu issue palestine atau contoh kondisi banjir dijakarta saat ini, sehingga selain mampu dapat memberikan informasi, hal tersebut juga sekaligus menunjukkan bahwa lo orang yang peduli terhap kehidupan sekitar... tapi semuanya berbalik pada tujuan menulis blog itu sendiri, karena dalam mengunkapkan ide ke dalam tulisan tidak memiliki batasan apapun..

vicca egistha mengatakan...

setiap orang punya otak!!!!!,,,dan otak tersebut dapat memikirkan apa yang terlihat atau mencerna apa yg di dengar atau menyentuh apa yang dirasa.............

Blog adalah tempat ternyaman untuk kita semua yang akan merasa melepaskan belenggu dengan menulis atau sekedar merangkai kata,,,ntah itu berarti atau tidak untuk orang lain,,,ntah itu penting atau tidak untuk orang lain,,ntah itu indah untuk orang lain,,,yang pasti AKU bukan berarti SI PENULIS aku setuju banget tuch dit....
dan aku juga setuju dengan temanmu yang berkata TULISAN BAGUS itu berawal dari tulisan yang kita anggap sederhana...

kalo menurut g dit lo udah OK'Z bgt......

biarkan tangan mu terus menari dit,,biarkan mereka menilai apa,,,setidaknya ada kepuasan bathin yang ttp mengagumi.....???
syapa yahhhhhhhhh..???? ha...ha...

headlocknhope mengatakan...

loe selalu bisa menyentuh hati setiap orang "hanya" dengan kata2 loe dit...
dan sekali orang tersentuh ibarat"candu", mereka butuh kata2 loe utk mengobati, mendorong, merasakan, atau hanya membaca saja..
tapi, kebutuhan tetap kebutuhan kan?

always waiting for a new you everyday..karena loe berevolusi setiap hari

CmonQ mengatakan...

wah tambah rame aja blog lo dit...ga kyk blog gue, masi sepi...lom gue update...hehehehehehe gue harap blog gue bisa serame kyk dipasar...
kyk elo yg gemar punya kata2 yg amazing....so gue pastinya bakal inget klo itu adalah elo dit....'m

Frans Evan mengatakan...

kesian tmn gw,
sabar ya pak,,,
do whwt u want

oyoy mengatakan...

kalo gw baca tulisan-tulisan lo nich dit ya, lo tuh termasuk orang yang bisa menuangkan pikiran di otak lo dan menterjemahkannya ke dalam tulisan, kritik dan saran itu lumrah untuk membangun. gw ada saran gimana kalo tulis tentang pahlawan-pahlawan di Indonesia yang pernah membela tanah air kita dengan nyawanya untuk Indonesia merdeka, gimana??? hehehehe

Adit Sastra mengatakan...

wow aku terkesima dibuatnya...ketika kulihat inputan terbaik dari para sahabat otakyangterotak, yang mengindikasikan suatu perubahan positif. untuk itu aku berencana memberikan satu koleksi novel favouritku terhadap masukan positif paling membangun, selain itu aku juga akan menyediakan satu space di blogku bagi penerima koleksi novelku untuk membuat tulisan tentang apapun dan akan kuabadikan diblogku ini. penghargaan ini aku persembahkan untuk kamu yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk memberikan suatu wacana baru bagi otakyangterotak agar semakin berkembang. siapakah dia...? tunggu kabar dariku tidak lama lagi.

Otak Berpikir mengatakan...

weess dit, Klo menurut gw, bahasa lo yang pake terlalu baku.. trus untuk isi blognya dit, diisi info2 donk, kya info teknologi, kesehatan dsb.. kan lumayan tuh dit beramal(kasih tau orang yang gk tau menjadi tau :D)

oia satu lagi klo bisa diisi humor2 juga agar gk terlalu ngebosenin dan biar fresh gitu..

trus untuk blog pake lagu keren dit...
tapi klo bisa lagu yang bisa bikin semangat ngbaca blognya.. jangan terlalu meloo ntar yang baca pada tidur lagi.. hihihihihi...

Good luck Broo...

Adit Sastra mengatakan...

thank you moko untuk masukannya, untuk gaya bahasa memang sudah dari awal memang menggunakan bahasa yang sopan, dan mungkin saja baku. tapi aku berusaha untuk membuat tulisan yang rileks walaupun dengan bahasa baku, mudah-mudahan kesan rileksnya bisa terbaca. untuk lagu, baiklah itu akan masuk jadi bahan pertimbangan. thanks ya moko, yang selalu berpikir...

Adit Sastra mengatakan...

mr/miss headlocknhope... anda penerima koleksi novelku... masukan yang begitu dasyat... kandungan artinya luar biasa walaupun dibalut dengan kata-kata yang indah, aku memilihmu karena aku menyukai keindahan.

headlocknhope mengatakan...

Thanks so much...

it's Mr. by the way...

:)